Senin, 19 September 2016

Buget (Budak Gebetan)


Buget (Budak Gebetan)
Nasi Kotak Murahan
Gue gak ngerti dengan system pergebetan di Indonesia ini. Kadang, modal ganteng aja itu gak cukup dimata gebetan. Kita harus lebih baik, perhatian, jujur dan pokoknya masih banyak dech kata harus, harus, dan harus….
Gebetan : “Aku gak mau tauk. Pokoknya kamu harus bawain aku makan karena aku laper. Dan harus enak.’
Cowok : ‘Kok jadi aku?
Gebetan : ‘Kan aku gebetan kamu, jadi kamu harus nurutin apa kemauan aku sampai aku mau jadi pacar kamu.”
Menurut gue ada yang gak bener dengan system pergebetan ini. Malah lebih parah dari pacaran. Lebih baik jadi budak cinta dech daripada budak gebetan yang belum pasti.
Makan sudah datang. Butuh waktu lama dan butuh uang banyak untuk mendapatkan nasi kotak ini.
Cowok : “Nasi sudah datang. Silahkan menikmati nona manis.” Kata si cowok menyuguhkan nasi kotak di hadapaan gebetannya.
Cewek : “Kok ayam? Kamu mau aku gendut? Kamu gak iklas nolongin aku? Kamu nyamain aku sama ayam? Iya?”
Cowok : “Egak. Aku gak bermaksut gitu. Kan kamu yang minta.” Kata si cowok kebingungan.
Cewek : “Kan aku mintanya makan yang enak.”
Cowok : “Ya tapi ini makanan yang paling enak bagi aku. Ini juga kan tanggal tua. Kamu harus ngerti aku geh.”
Cewek : “Aku? Ngerti kamu? Hello, aku kan cewek. Dimana-mana juga tu cowok yang harus ngertiin cewek. Udah ah, kamu mah gak peka.”
Si cewek pergi meninggalkan si cowok yang masih melongo tidak berdaya ditempat.
Tuh kan, apa kata gue. Bener-bener lebih buruk dari BUDAK CINTA. Sumpah, siapa saja pasti bakalan milih mati daripada jadi budak cinta. Hihh, gue sih gak mau jadi budak gebetan. Cowok? Diperbudak cewek? Hah,~
Cewek : “Ales, kok diem aja sih? Kejar aku geh, kan aku gebetan kamu. Gimana sih!”
Cowok : “Hah, iya, iya, iya.”

Di Begal gara-gara gebetan
Gue gak ngerti, enak mana antara jomblo sama punya pacar. Punya pacar susah gak punya pacar lebih susah. Serba salah deh jadinya.
Ales : “Lo mau kemana rapih gitu?” Tanya Ales pada sahabatnya.
Dion : “Mau tempat cewek gue.”
Ales : “Mau ngapain?”
Dion : “Ya mau pacaranlah. Punya pacar. Emang elo, JOMBLO!” Dion mengibaskan kerah bajunya.
Tuh kan, beneran parah. Jomblo parah. Jomblo ngenest. Jomblo...... pokoknya gitu dech. Pengin punya punya pacar, tapi baru pedekate aja sudah ngabisin harta benda.
Minggu lalu gue baru saja bahagia karena akhirnya ada cewek buta yang mau jadi gebetan gue. Namanya Nia. Gue kenal Nia saat gue lagi joging di taman. Munggu lalu semuanya terasa indah sebelum akhirnya minggu ini gue menderita. Iya, menderita.
Malam kamis yang gelap. Malam kamis yang horor.
Nia : “Halo,”
Ales : “Iya.”
Nia : “Kamu lagi dimana?”
Ales : “Ada dirumah. Kenapa?”
Nia : “Aku boleh minta tolong?”
Ales : “Minta tolong apa?”
Nia : “Minta tolong beliin makan. Aku mau keluar tapi gak ada temen. Takut.”
Ales : “Hah, makan? Umm... umm.... Tapi aku lagi ada tamu. Keluargaku disini.”
Nia : “Yeahh.... padahal aku udah laper banget. Padahal aku juga pengin banget makan bareng kamu di kos aku.”
Ales : “Hah, makan bareng. Aku bisa kok. Aku bisa.”
Nia : “Kamu serius?”
Ales : “Iya, aku serius. Serius banget.”
Nia : “Keluarga kamu gimana?”
Ales : “Gak papa, mereka udah pada gede, jadi bisa ngurus dirinya sendiri.”
Yes! Akhirnya gue bisa makan bareng juga sama gebetan. Lampu kuning mulai menyala dan bentar lagi pasti langsung hijau.
Ales mengendarai motor untuk membelikan makan sang gebetan. Tapi ditengah jalan dia dicegat sama tiga orang laki-laki yang ternyata begal.
Ales : “Kalian mau ngapain?” Tanyanya saat motornya dihadang oleh tiga orang asing itu.
Begal 1 : “Kami mau ngasih sumbangan.”
Ales : “Sumbangan? Sumbangan apa? Sumbangan miskin?”
Begal 2 : “Ni orang bego banget sih.”
Begal 3 : “Iya. Bego.”
Begal 1 : “Lo pake nanya lagi. Kami ini begal, ya jelas mau begal lah. Pake nanya!”
Ales : “Ohhh... jadi kalian itu begal. Hah! Apa? Begal? Berati kalian mau ngambil motor gue dong?”
Begal 1 : “Ya jelaslah. Masak gue mau ngambil keperawanan lo, gak mungkin kan?”
Ales : “Tapi motor gue masih kredit lo. Nanti kalian susah lagi ngangsurnya. Nanti kalo kalian terlambat ngangsur bisa ditarik dieler lo. Kalian bakalan malu.”
Begal 3 : “Bener juga tuh anak. Masak dicabut dieler. Bisa malu kita sebagai begal papan atas kalo sampai punya motor dicabut dieler.”
Begal 2 : “Iya juga ya. Anguran ni motor kalo dilihat dari wajahnya pasti mahal. Lihat aja, tampangnya miskin gitu. Miskin wajah juga. Kasian.”
Begal 1 : “Hahh... Bego semua. Udah, ambil motornya. Buru!”
Begal 3 : “Tapi bos, gimana dengan angsurannya?”
Begal 2 : “Iya bos, gimana kalo nanti dicabut dieler?”
Begal 1 : “Kalian mau gue jeburin ke sungai? Mau?” Kata begal 1. Kedua anak buahnya menggeleng polos.
Begal 1 : “Makannya, cepet ambil motornya.”
Akhirnya motornya dibawa kabur oleh begal-begal itu. Dan Ales pulang jalan kaki kembali kerumah kontrakannya.
Nia : “Ales, kamu kok lama?” Tanya Nia lewat sms. Ales mengerutkan dahi melihat sms itu. Akhirnya Ales pingsan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar